Minggu, 22 April 2012

Apa sebabnya kayu gaharu bernilai jual tinggi


Pohon Gaharu berasal dari bahasa Sanskrit yaitu dari asal kata "agaru" yang berarti kayu berat (tenggelam) yang menghasilkan produk damar atau resin dengan aroma yang harum apabila dibakar. Kayu gaharu dikenali sebagai agar wood, aloes wood dan eagle wood.

Kayu gaharu mengandi bahan agarospirai, jinkoholeremol yang menghasilkan aroma gaharu dan juga menghasilkan minyak wangi. Manakala komponen methoxypenylethyl chrome menghasilkan bahan yang harum apabila gaharu dibakar.

Pengguna gaharu hampir semua bangsa dan agama. gaharu digunakan untuk tujuan keagamaan dan di timur tengah, gaharu dibakar untuk mengharumkan rumah. Manusia menggunakan gaharu semasa hidup dan ketika berlaku kematian. Ia digunakan juga untuk tujuan perubatan dan juga kecantikan.

Daun, akar dan kulit kayu gaharu digunakan sebagi obat anti malaria sementara air sulingan penghasilan gaharu digunakan untuk terapi tesetelah persalinan, antibiotik, anti kangker, penyakit kewanitaan, demam, sakit badan dan sakit perut.

Gaharu digunakan sebagai bahan kecantikan sejak berabad-abaad yang lalu kerana baunya yang eksotik, harum dan mewangi seperti bunga. Serbuk dari batangnya digunakan untuk menghasilkan barang kecantikan, sabun, lilin, obat-obatan dan minyak wangi.

Keharumannya dapat digunakan dalam bidang meditasi untuk mengurangkan stress. Ia juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit seperti gatal dan bengkak. Minyak gaharu dapat memberi ketenangan dan ketentraman badan. Ia juga dapat menyembuhkan luka bakar, menghalang pengeluaran keringat secara berlebihan serta membantu keseimbangan badan.

Pati minyak dan daun kayu gaharu berkhasiat merawat kulit seperti jerawat, ulser dan ruam. Khasiat kayu juga sebagai bahan utama dalam penghasilan produk wangian /parfum, obat salap, losyen, barang hias,dan minyak urutan/ untuk memijat.

Ada beberapa kegunaan kayu gaharu diantaranya:
seperti berikut:
- Mengurangkan dan melegakan stress (aromatheraphy)
- Memberi keyakinan diri serta senang didampingi dan berkomunikasi juga mengawal kemarahan serta menstabilkan hormon.
- Membantu mengubah sikap keperibadian serta mengatasi tekanan perasaan.
- Membantu mencerdaskan dan IQ..
- Membantu memberi kesegaran berfikir serta menguatkan daya ingatan juga mudah mendapat ide  serta pintar dan bijak.
- Memberi kesegaran akibat keletihan dan kelesuan juga menambah ketenangan serta menyehatkan fikiran.
- Memulihkan tenaga


Dari hasil penelitian yang ada, gaharu dikenali mampu mengobati penyakit stress, asma, liver, ginjal, radang lambung, radang usus, rhematik, tumor dan kanker. Kini penggunaan gaharu sebagai obat terus meningkat. Sampai saat ini, pemanfaatan gaharu masih dalam bentuk bahan baku (kayu bulatan, cacahan, bubuk, atau fosil kayu yang sudah terkubur. Setiap bentuk produk gaharu tersebut mempunyai bentuk dan sifat yang berbeda.

Gaharu mempunyai kandungan resin atau damar wangi yang mengeluarkan aroma dengan keharuman yang khas. Dari aromanya itu yang sangat popular bahkan sangat disukai oleh masyarakat negara-negara di Timur Tengah, Arab Saudi, Yaman, Oman, dataran China, Korea dan Jepun sehingga diperlukan sebagai bahan dasar industri perfume, obat-obatan, kosmetik dan pengawet berbagai jenis aksesori.

Dengan seiringnya perkembangan ilmu pengtahuan dan teknologi industri, gaharu bukan hanya berguna sebagai bahan untuk industri wangi-wangian saaja, tetapi juga secara kedokteraan dapat dimanfaatkan sebagai obat. Gaharu boleh diguna sebagai obat anti asma, anti mikroba, stimulant kerja saraf dan pencernaan, obat sakit perut, perangsang nafssu birahi, penghilang rasa sakit, kangker, tumor paru-paru, obat tumor usus, penghilang stress, gangguan ginjal, hepatitis, sirosis dan kosmetik untuk (perawat wajah dan menghaluskan kulit).

FAKTA TENTANG KAYU GAHARU

Kayu Gaharu - Aquilaria malaccensis
Nama Tempatan: Gaharu/depu
Nama Saintifik: Aquilaria malaccensis
Nama Lain: Karas, Engkaras, agar wood, aquilaria, krasna, agaloca,aloeswood, eaglewood, jinkoh. Famili: Thymelaeaceae
Lokasi dijumpai: Hutan hujan tropika

Fakta keterangan:
Kayu Gaharu terkenal di seluruh dunia dengan berbagai panggilan, Chen Xiang bagi masyarakat Cina, Jin-Ko (Jepang) dan Oud atau Oode di kalangan bangsa Arab.

Ia juga digunakan oleh masyarakat secara meluas secara turun-temurun, malah ada yang mengatakan kayu gaharu telah digunakan sejak zaman Firaun untuk upacara keagamaan atau untuk membuat minyak wangi.

Pohon gaharu atau dikenali juga di Malaysia dengan nama lain seperti depu, karas atau engkaras dan  merupakan pohon besar yang bisa mencapai ketinggian hingg 40 meter tingginya. Diameter batangnya bisa mencapai sekitar 60 cm. Gaharu merupakan sejenis tumbuhan yang tumbuh di kawasan hutan hujan tropika, terutama di tanah rendah atau pegunungan  hingga ketinggian 270 meter dari laut. penyebaran pertumbuhan pohon gaharu,
secara geografinya meliputi kawasan Asia tenggara, Indonesia,India,tailand, dan China. Gaharu bisa hidup di semua jenis tanah kecuali kawasan payau dan berair.

Secara keseluruhan terdapat 27 jenis gaharu yang dapat kita jumpai di Asia sebagaiberikut
 .        Nama Botanis                             Daerah Penyebaran
 1   Aquilaria malacensis                    Kalimantan, Sumatra
  2   Aquilaria hirta                             Kalimantan, Sumatra
  3   Aquilaria filarial                           Nusa tenggara, Maluku, Irian Jaya
  4   Aquilaria microcarpa                  Kalimantan, Sumatra
  5   Aquilaria agalloccha Roxb          Kalimantan, Sumatra, jawa
  6   Aquilaria beccariana                   Kalimantan, Sumatra
  7   Aquilaria secundana                   Maluku, Irian Jaya
  8   Aquilaria moszkowskii               Sumatra
  9   Aquilaria tomentosa Irian           Jaya
  10 Aetoxylon sympethalum             Maluku, Irian Jaya, Kalimantan
11 Enkleia malacensis                     Maluku, Irian Jaya
12 Wikstromiea poliantha               Nusa tenggara, Maluku, Irian Jaya
13 Wikstromiea tenuriamis              Kalimantan, Sumatra, Bangka
14 Wikstromiea androsaemofilia      Irian Jaya, Kalimantan, NTT, Sulawesi
15 Gonystylus bancanus                 Kalimantan, Sumatra, Bangka
16 Gonystylus macrophyllus           Kalimantan, Sumatra
17 Gyrinops cumingiana                 Nusa tenggara, Irian Jaya
18 Gyrinop rosbergii                      Nusa tenggara
19 Gyrinop versteegii                     NTT, NTB
 20 Gyrinop moluccana                   Maluku, Halmahera
21 Gyrinop decipiens                    Sulawesi Tengah
22 Gyrinop ledermanii                    Irian Jaya
23 Gyrinop salicifolia                     Irian Jaya
24 Gyrinop audate                        Irian Jaya
25 Gyrinop podocarpus                Irian Jaya
26 Dalbergia farviflora                   Kalimantan, Sumatra
27 Exccocaria agaloccha              \Jawa, Kalimantan, Sumatra

      Kegunaan:
Resin yang terdapat di bagian batang pohon gaharu merupakan bahan yang mempunyai nilai komersial yang amat tinggi di pasaran seluruh dunia. Resin ini telah digunakan sejak zaman dulu sebagai setanggi atau kemenyan, digunakan dalam pengobatan, kosmetik,bahan untuk upacara keagamaan. Cara tradisonal untuk mendapatkan resin(gobalan) ini ialah dengan menebang pohon gaharu  ini untuk mendapatkan resinnya. Tetapi tidak semua pohon yang telah besar akan menghasilkan resin,sedangkan cara panennya di tebang,ini yang menyebabkan pohon gaharu  semakin langka di indonesia.
dan  terancam kepunahanya,apabila tidak membudidayakan secara terus menerus.

12 komentar:

  1. Saya punya kayu gaharu dan galih/ gubalnya, jenis aquilaria malacensis..insyalloh tidak kecewa, smntara masih glondongan untk lbih myakinkan pembeli, saya berminat segra menjualnya,smntara ada 2 kuintal, gubalnya masih didalam glondongan kayu, dan insyalloh kalo ini segra terjual saya mash mmpunyai stok yang super, saya BERNIAT MENJUALNYA SEGERA, BAGI YANG BERMINAT SEGRA HUBUNGI SAYA,
    Hubungi saya.. rudi medan, 082393992448

    BalasHapus
    Balasan
    1. SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI BODAS<=…
      >>>085-320-279-333<<<






      SAYA MAS ANTO DARI JAWAH TENGAH.
      DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!
      HANYA DENGAN MENPROMOSIKAN WETSITE KIYAI BODAS DI INTERNET SAYA BARU MERASA LEGAH KARNA BERKAT BANTUAN BELIU HUTANG PIUTAN SAYA YANG RATUSAN JUTA SUDAH LUNAS SEMUA PADAHAL DULUHNYA SAYA SUDAH KE TIPU 5 KALI OLEH DUKUN YANG TIDAK BERTANGUNG JAWAB HUTANG SAYA DI MANA MANA KARNA HARUS MENBAYAR MAHAR YANG TIADA HENTINGNYA YANG INILAH YANG ITULAH'TAPI AKU TIDAK PUTUS ASA DALAM HATI KECILKU TIDAK MUNKIN SEMUA DUKUN DI INTERNET PALSU AHIRNYA KU TEMUKAN NOMOR KIYAI BODAS DI INTERNET AKU MENDAFTAR JADI SANTRI DENGAN MENBAYAR SHAKAT YANG DI MINTA ALHASIL CUMA DENGAN WAKTU 2 HARI SAJA AKU SUDAH MENDAPATKAN APA YANG KU HARAPKAN SERIUS INI KISAH NYATA DARI SAYA.....

      …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI BODAS…

      **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
      1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
      2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
      3.JUAL TUYUL MEMEK / JUAL MUSUH
      4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

      …=>AKI BODAS<=…
      >>>085-320-279-333<<<

      Hapus
  2. banyak yang bertanya sama sy.. apa nama lokal untuk wilayah sulawesi selatan pohon penghasil gaharu ini....
    mohon bantuan...

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah elmu.

    Gema Parfum
    Parfum Termahal di Dunia.

    ----------

    BalasHapus
  4. Saya ada dapat fosil kayu dari sungai Di dalam Hutan tanjung selor, waktu sya bawa pulang, banyak yg bilang fosil kayu garu, sebab kulit sbagian putih dan daging batu putih tapi ada totol2 hitam2 yg menggumpal gumpal di fosil ini...apa benar fosil garu?

    BalasHapus
  5. Agan Rezan Matta
    Posisi dmn ?
    Barang masih ada & brp byk ?
    Kirim gambar di email saya " syahrul.nanang@yahoo.co.id"

    BalasHapus
  6. saya menjual 1200 pohon gaharu umur15 tahun diameter 35-45cm harga Rp.1,5juta/pohon lokasi kalimantan timur hub 085222440659/081322384757

    BalasHapus
  7. Saya sangat berterimakasih banyak kepada aki wono atas bantuan dana ghaibnya dan saya tidak pernah menyanka kalau saya bisa mendapatkan uang sebesar 970 juta,berkat bantuan aki saya bisa melanjutkan bisnisku lagi dan saya tidak pernah menyanka kalau ini benar benar nyata karna sudah banyak paranormal yang sudah saya hubungi dan saya datangi,itu tidak pernah membawakan hasil bahkan uang saya habis dibawa lari sama mereka dan cuma aki wono saja yang membawakan hasil kalau anda mau di bantu silahkan hbg aki wono di nmr 085-320-535-559...aki wono juga bisa mengeluarkan angka togel yg di jamin 100% tembus seperti 4d 5d 6d angka dari aki betul-betul tembus karna sya udah buktikan aki juga punya minyak gaharu asli terimakash

    BalasHapus
  8. http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/3-kisah-horor-nyata-yang-menjadi-film.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/ingin-bahagia-di-2018-ini-caranya.html
    http://taipannnewsss.blogspot.com/2018/01/ini-3-bahasa-asing-yang-bermanfaat.html

    QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 7 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!

    BalasHapus
  9. Hari baik setiap orang,
    Jual ginjal. Simpan hidup dan dapatkan uang, jadilah dokter Alex spesialis
    Pembelian ginjal Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutang Anda? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600,000.00 $ dan diatasnya. Semua donor yang berminat harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau aplikasi apa?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu untuk menghubungi kami karena kami akan melakukannya
    Tentu pastikan kita bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan bahwa Anda
    nikmati berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    Salam

    BalasHapus
  10. Selamat siang semuanya,
    Jual ginjal dan Simpan hidup dan dapatkan uang, saya dokter alex dengan nama a
    seorang neughrogist
    dalam Pembelian Ginjal, Apakah Anda ingin menjual ginjal Anda untuk menyelamatkan nyawa?
    mencari kesempatan untuk menjual ginjal Anda dengan harga yang bagus sehingga Anda
    dapat membayar hutangmu? Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk menjual ginjal Anda
    600.000,00 $ dan di atasnya. Semua donatur yang tertarik harus menghubungi tim kami
    informasi lebih lanjut melalui e-mail: dralexspeciallist@gmail.com Atau apa
    aplikasi?
    +2348162029187 Pastikan Anda tidak ragu-ragu untuk menghubungi kami sebagaimana kami mau
    Tentu pastikan kami bekerja sama dengan Anda dan juga Kami akan memastikan Anda
    senang berbisnis dengan kami

    Email: dralexspeciallist@gmail.com

    BalasHapus